Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh Hijau

Mengatasi rambut rontok secara alami yang dapat diandalkan juga bisa menggunakan teh hijau. Teh hijau selain bisa dinikmati dengan seduhan air hangat juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi permasalahan kerontokan. Jadi jika Anda memiliki teh hijau dirumah, jangan disia-siakan, manfaatkan juga untuk mengatasi kerontokan.

Teh hijau sudah dikenal memilki banyak manfaat sehingga sudah sering digunakan sebagai berbagai jenis ramuan untuk melangsingkan badan. Serta juga bisa membantu menyembuhkan beragam penyakit yang kian hari semakin banyak. Dan kini, teh hijau juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan seperti perawatan wajah serta untuk perawatan kulit kepala.

Didalam teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang berperan bagus demi mengatasi permasalahan kerontokan dan beresiko kebotakan permanen. Rambut rontok dapat dialami siapa saja, begitu pula teh hijau juga dapat digunakan oleh siapa saja demi mengatasi permasalahan rambutnya.

Peran dan Manfaat Teh Hijau dalam Mengatasi Rambut Rontok

Bagaimana cara teh hijau mengatasi kerontokan ? Berikut adalah penjelelasannya :

# Melawan DHT (Dihydrotestosterone)

DHT atau Dihydrotestosterone merupakan testosterone alami dan ditemukan pada wanita maupun pria. Beberapa ahli telah menyimpulkan bahwa salah satu pemicu kebotakan dan kerontokan adalah Dihydrotestosterone. Terjadinya kebotakan pada pria juga disebabkan karena folikel rambut yang terlalu sensitive terhadap Dihydrotestosterone. Oleh karenanya, cara alami yang tepat melawan Dihydrotestosterone untuk mengurangi kerontokan pada rambut adalah menggunakan teh hijau. Secara proses, teh hijau bisa meningkatkan kadar hormon seks pengikat globulin atau disingkat SBGH yang biasa berinteraksi dengan testosteron. Hingga bisa mencegah pembentukan Dihydrotestosterone.

# Meningkatkan Sirkulasi Darah ke Folikel Rambut

Penelitian mengungkapkan hasilnya bahwa teh hijau memiliki kandungan polifenol katekin yang bisa mempunyai efek antikarsinogenik serta fungsi antibiotic. Katekin bisa membuat pembuluh darah akan berkontraksi semakin bagus, kemudian aliran darah menuju sistem kardiovaskular serta pembuluh darah kecil akan lancar, termasuk menuju ke folikel.

# Merangsang Pertumbuhan Rambut

Salah satu komponen antioksidan terdapat dalam teh hijau adalah epugallocatechin-3-gallate atau disingkat EGCG. Epugallocatechin-3-gallate merupakan antioksidan yang memiliki peran paling kuat, dan teh hijau mempunyai kandungan epugallocatechin-3-gallate sekitar 10%. Sebuah riset telah dilaksanakan di Korea dan Jepang menyimpulkan bahwasannya epugallocatechin-3-gallate mempunyai efek baik dalam merangsang pertumbuhan, baik rambut pria maupun wanita.

# Memperkokoh serta Melembabkan Rambut

Teh hijau dipercaya mampu memperkuat akar rambut, kenapa ? karena teh hijau memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, serta panthenol dan provitamin. Vitamin C bisa melindungi rambut dari pengaruh sinar matahari, Vitamin E membantu mengembalikan rambut rusak. Serta panthenol dan provitamin yang bisa mengurangi resiko rambut patah.

# Menghilangkan Ketombe dan Psoriasis Penyebab Kerontokan

Penelitian telah menyimpulkan bahwa teh hijau dapat berperan menghadapi dan menghilangkan ketombe serta penyakit kulit psoriasis. Kandungan teh hijau mampu mengatasi terjadinya iritasi pada kulit kepala.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh Hijau

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Cara menggunakannya pun tergolong mudah, yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan teh hijau alami. Kemudian seduhlah teh hijau dengan air bersih dengan kekentalan yang lebih daripada biasanya. Jangan dicampur apapun, hanya teh hijau alami dengan air saja. Selanjutnya diamkanlah larutan tersebut selama semalam sampai menjadi basi.

Kemudian jika sudah basi, keramaslah dahulu menggunakan shampoo, barulah memakai larutan teh hijau tersebut di rambut Anda dengan cara mengaplikasikan ke rambut atau mengoleskannya dengan cara memijat secara perlahan. Diamkan sepanjang 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini satu minggu dua kali untuk hasil optimal.



Semoga tips cara mengatasi rambut rontok secara alami menggunakan teh hijau diatas bisa bermanfaat bagi Anda, khususnya yang memiliki masalah pada kerontokan.

1 komentar:

Apa ait teh nya saja atau dengan teh yang rendaman nya itu yg di pakai keramas nya ya ?

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !