Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya


Penyebab rambut rontok serta bagaimana cara untuk mengatasinya harusnya perlu diketahui apabila Anda ingin bisa mengatasi masalah kerontokan. Baik wanita ataupun pria, anak-anak, remaja, dewasa, dan tua, memiliki rambut yang sehat adalah dambaan setiap orang. Selain tampak indah atau berwarna hitam yang biasa kita inginkan, tetapi rambut juga harus kokoh serta kuat dan terhindar dari resiko kebotakan.

Mengapa bisa Rontok ?

Setiap hal tidak akan terjadi begitu saja, begitu pula masalah pada kerontokan. Rambut rontok juga terdapat beberapa penyebab, penyebab itu sebenarnya adalah asli dari dalam diri kita serta hal-hal kecil yang sering kita sepelekan. Sebaiknya Anda perlu mengetahuinya, karena siapa tahu beberapa penyebab dari kerontokan yang ditulis disini merupakan kebiasaan atau aktivitas  yang setiap hari sering Anda lakukan.

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Apa sih Penyebab Rambut Rontok ?

Disini terdapat dua macam penyebab dari masalah kerontokan. Yang pertama penyebab yang berasal dari dalam atau factor internal, serta penyebab dari luar atau factor eksternal. Perbedaan kedua macam antara factor internal dan factor eksternal yakni ; factor internal berhubungan dari aktivitas dari dalam tubuh maupun aktivitas tubuh. Sedangkan untuk factor dari luar atau factor eksternal adalah beberapa pengaruh dari luar yang mempengaruhi rambut kita.

# Penyebab Internal

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari dalam/ factor internal yang menyebabkan kerontokan :

1.    Keturunan

Keturunan bisa mempengaruhi seseorang mengalami rambut rontok. Jika Anda mengalami masalah kerontokan, tetapi orang tua Anda tidak mengalaminya, bisa saja itu dari nenek atau kakek Anda. Setiap orang memiliki gen tertentu yang bisa diturunkan kepada keturunannya. Jadi mungkin saja ini menjadi salah satu penyebabnya.

2.    Hormon

Hormon juga bisa menjadi salah satu pemicu kenapa seseorang rambutnya sering mengalami kerontokan. Produksi hormon yang tidak seimbang menyebabkan potensi rambut akan mudah rontok, biasanya terjadi pada ibu hamil. Beberapa ibu hamil seringkali mengalami hal tersebut akibat ketidakseimbangan hormon didalam tubuhnya,

3.    Penyakit

Jenis penyakit yang menjadi salah satu pemicu rambut mudah untuk rontok adalah penyakit lupus. Selain itu beberapa penyakit lainnya juga menjadi penyebabnya seperti penyakit diabetis.

4.    Stress

Hati-hati ketika Anda stress, stress memang sangat tidak baik bagi kesehatan terutama mengganggu pikiran. Jangan biarkan lama-lama diri Anda stress, carilah sesuatu atau aktivitas yang bisa menghilangkan  stress, seperti melakukan aktivitas menyenangkan atau hobi yang disukai.

# Penyebab Eksternal

Setelah mengetahui beberapa factor internal, sekarang saatnya ketahui factor Eksternalnya :

 1.    Style Rambut

Style rambut juga bisa mempengaruhi kerontokan terutama bagi yang suka gonta-ganti gaya rambut dan memilih style yang membuat rambutnya sering tertarik. Bukan berarti sebaiknya Anda tidak usah ganti model, hanya saja janganlah terlalu sering. Karena sesungguhnya sesuatu yang berlebihan tersebut tidaklah baik.

 2.    Bahan Kimia

Sudah sangat jelas bahwa bahan kimia tidak akan baik bagi kesehatan rambut, dan menuai banyak resiko. Penggunaan bahan-bahan kimia biasanya digunakan entah itu untuk meluruskan atau untuk keriting. Menggunakan bahan kimia sebenarnya boleh-boleh saja asalkan tidak terlalu berlebihan. Dan di zaman sekarang ini sungguh sangat jauh berbeda dengan yang dulu, sekarang semua sudah menggunakan bahan kimia. Kemudian kita akan sulit terlepas dari pengaruh kimia itu. Maka dari itu jika Anda sayang terhadap kesehatan rambut dan kesehatan tubuh lainnya, sebaiknya berhati-hatilah dan jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia baik dikomsumsi maupun yang tidak dikomsumsi. Selanjutnya, mulailah untuk menggunakan bahan-bahan alami dan tanpa adanya efek samping.

 3.    Radikal bebas

Radikal bebas selain menyebabkan masalah pada rambut, juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya seperti pada wajah yang tiba-tiba muncul bintik-bintik  hitam pada bagian wajahnya. Radikal bebas merupakan zat yang bisa mempercepat penuaan dini dan biasanya berasal dari asap maupun polusi yang sangat tidak baik untuk kesehatan.

Bagaimana Cara Mengatasinya ?


Untuk mengatasinya simple saja, yaitu dengan memahami beberapa penyebab diatas. Misalnya jika Anda sudah tahu bahwa penyebab kerontokan adalah zat kimia, maka jangan gunakan bahan kimia. Jika Anda masih ingin mengetahui beberapa cara alami untuk mengatasi permasalahan pada rambut rontok, Anda bisa membaca beberapa tips dan kumpulan cara mengenai solusi perawatan rambut rontok yang sudah ditulis di blog ini.



Itulah informasi mengenai beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui. Harapannya semoga Anda mampu mempertahankan kesehatan dan membantu  menjaga kondisi rambut Anda. Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi yang mengalami masalah pada kerontokan.

1 komentar:

Makasih, sekarang saya jadi tahu penyebab rambut rontok,,, sangat bermanfaat nih

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !