Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami


Cara mencegah rambut rontok secara alami dapat Anda upayakan dengan mudah asalkan bisa teratur menjalaninya. Bagi seorang wanita, rambut bagaikan mahkota dari tubuhnya. Maka dari itu mana mungkin mahkota dibiarkan berguguran begitu saja ? Tak hanya wanita, pria juga kerap mengalami masalah ini. Artinya, rambut juga perlu dirawat dan dijaga dengan baik kesehatannya.

Masalah Kerontokan

Kerontokan adalah salah satu masalah yang kerap menghampiri setiap orang, bagi Anda yang tidak sedang mengalami kerontokan, Anda nampaknya harus bersyukur karena banyak orang di dunia masih mempunyai masalah pada kerotokan. Namun, alangkah baiknya lagi jika Anda melakukan tindakan pencegahan dalam menghadapi masalah ini.

Seseorang mengalami kerontokan umumnya tak hanya di kalangan dewasa saja, bahkan tak jarang anak-anak sekalipun. Jika di usia anak-anak saja sudah rontok, bagaimana kalau nanti tumbuh dewasa ? Bisa-bisa mengalami kebotakan nantinya. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, dan sekali lagi jangan pernah menyepelekannya. 

Bagi Anda yang sekarang masih tidak mengalami kerontokan mungkin sekarang tenang-tenang saja waktu ini, tapi jika suatu saat ternyata mengalami masalah tersebut, Anda baru bingung mencari solusinya, Maka dari itu sebaiknya melakukan pencegahan dan segera dibahas dalam artikel ini.


Bagaimana Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami ?

Bagaimana Cara Mencegah Rambut Rontok ?

Sebenarnya pencegahan dapat dilaksanakan dengan hal-hal biasa, tetapi dalam melaksanakan hal-hal tersebut harus dijalani dengan rajin. Berikut ini beberapa tips pencegahan terhadap resiko kebotakan yang dapat Anda lakukan :

#1 Rajin Keramas dan Memakai Shampo yang Cocok

Pastikan bahwa Anda rajin keramas Antara 3 sampai 4 kali dalam seminggu, juga gunakanlah shampoo yang cocok bagi jenis rambut. Anda dapat keramas baik diwaktu pagi ataupun sore ketika mandi, sebaiknya rajinlah keramas paling tidak dua hari sekali, itu sudah cukup demi mencegah kerontokan.

#2 Jangan Sampai Sering Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari khususnya pada waktu siang hari biasanya begitu panas apabila kontak langsung dengan rambut Anda, hingga membuat folikel menjadi terikat. Kemudian dapat membuat rambut sulit berkembang. Selain itu, panas juga mampu membuat kulit kepala mudah berkeringat ataupun mengeluarkan keringat sampai berlebihan. Sehingga mampu memicunya mudah patah ataupun semakin mudah mengalami kerontokan.

#3 Jangan Mengikat Terlalu Kuat

Sebaiknya tidak usah mengikat ataupun menguncir rambut dengan kencang. Hindari pula menarik hingga pori-pori terlihat. Hal ini dapat menyiksa rambut serta sangat memungkinkan untuk mudah rontok. Kemudian, hindari kebiasaan menguncir dalam keadaan basah atau dalam keadaan berkeringat. Jika dilakukan, maka akan membuat aliran udara yang seharusnya keluar malah terhambat, karena ketika rambut diikat folikel yang mengeluarkan banyak keringat menjadi terhambat.

#4 Memakai pelembab atau kondisioner

Selain dapat membuat rambut terlihat lebih kering, juga bisa membuatnya tampak lebih berkilau. Ini juga cara tepat untuk melakukan pencegahan terhadap masalah kerontokan.

#5 Mengontrol emosi

Faktor psikologis misalnya stress atau emosi yang tidak terkendali dapat menyebabkan urat syaraf pada kulit kepala semakin menegang dan memudahkan terjadinya kerontokan. Oleh karenanya kontrolah emosi dengan baik. Mengontrol emosi sebenarnya tak hanya baik untuk menangani masalah ini, tetapi juga baik bagi kesehatan.


Demikianlah kumpulan tips mencegah rambut rontok yang dapat Anda upayakan, saran-saran diatas semoga saja dapat membantu Anda, terutama yang belum mengalami permasalahan ni. Biasakanlah segera melakukan tindakan serta usahakan supaya tidak menunda-nunda, justru karena menunda-nunda itulah akan menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan kita. 

2 komentar

Sangat bermanfaat daripada kita menunggu rambut kita rontok, lebih baik mencegahnya

Thanks, bermanfaat nih

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !