Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri


Mengatasi rambut rontok secara alami dengan seledri merupakan alternatif untuk solusi mencegah kebotakan yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Seledri sudah dikenal di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda, dimana pada saat dulu mereka menggunakannya sebagai bumbu penyedap masakan. Seledri yang biasa digunakan untuk bumbu penyedap masakan, juga memiliki banyak kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Secara ilmiah seledri mempunyai nama latin Apium graveolens L yang termasuk kedalam family Apiaceae atau suku adas-adasan. Sebenarnya seledri juga masih satu suku dengan adas pulosari dan juga wortel. Seledri ini sudah digunakan oleh orang Eropa serta Jepang sebagai bahan masakkan mulai dari daun, batang hingga biji bunga.

Manfaat seledri tidak hanya mengatasi kerontokan, tetapi juga dapat untuk meluruskan serta bisa menyuburkan. Tentunya ini adalah poin positif bagi Anda yang mengalami masalah terhadap kerontokan. Karena selain rambut tidak akan rontok lagi atau paling tidak bisa menguranginya. Juga akan membuatnya lebih sehat, lebih lurus dan lebih subur dari sebelumnya. Untuk penjelasan selengkapnya , Anda bisa membaca terus sampai selesai !

Kandungan dalam Seledri

Kita perlu tahu kandungan dalam seledri, karena dengan mengetahuinya maka kita akan paham mengenai manfaat di setiap kandungannya. Kandungan dalam selediri antara lain Senyawa 3-n-butilpthalida, Senyawa L-triptofan, Serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2,  dan Senyawa poliasetilena serta masih banyak kandungan lainnya. Beberapa kandungan tersebut telah dipercaya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan dan tak hanya untuk kesehatan mahkota tubuh kita saja.

Tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai anti oksidan, anti inflamasi, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat tulang, melindungi jantung, hingga mencegah kanker. Maka dari itu, bagi Anda yang sebelumnya tidak suka seledri, saatnya ubah pikian itu karena banyak sekali manfaatnya.
Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri

Menggunakan seledri untuk mengatasi masalah kerontokan yaitu dengan mengambil dua genggam seledri, lalu bersihkan dengan air. Selanjutnya potonglah menjadi kecil-kecil dan haluskan menggunakan blender. Kemudian, siapkanlah satu butir telur ayam (lebih baik ayam kampung) yang sudah dikocok. Campur kedua bahan tersebut dan aplikasikan di rambut Anda dengan mengoleskan sambil memijat secara perlahan-lahan. Biarkanlah sekitar 1 jam dan langkah terakhir dibilas menggunakan air bersih.

Seledri untuk Perawatan Rambut

Sebagai tambahan lagi, Anda juga bisa memanfaatkan tumbuhan ini untuk meluruskan dan juga bisa menyuburkan rambut. Untuk panduan menggunakannya sebagai berikut :

#  Menyuburkan

Untuk menyuburkan, siapkanlah 7 sampai 10 helai seledri lalu cucilah setiap helai sampai higienis dan bersih. Tumbuklah seledri tersebut sampai halus lalu dioleskan dan dipijat di bagian rambut. Selanjutnya, diamkan beberapa saat sekitar satu jam. Lakukan usaha ini sekitar seminggu sekali.

# Meluruskan

Untuk meluruskan, silahkan siapkan batang seledri kemudian di tumbuk sampai halus. Tambahkanlah sedikit air pada tumbukan yang halus tadi, kemudian peras sampai mendapatkan sarinya. Sari ini silahkan di simpan dalam botol yang kemudian di diamkan selama satu malam. Pada esok harinya, gunakan sari ini untuk creambath, tetapi jangan lupa untuk keramas setelahnya.

Sekarang Anda sudah mengetahui tips mengatasi rambut rontok secara alami menggunakan seledri. Memanfaatkan tanaman herbal atau alami termasuk seledri adalah solusi perawatan yang tepat. Selain mudah untuk didapatkan dan harganya murah terjangkau, ternyata juga mengandung banyak manfaat terhadap kesehatan. 

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !