Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Kemiri


Mengatasi Rambut Rontok secara alami itu bagaimana sih ? Mungkin pertanyaan itu yang akan muncul dalam pikiran Anda apabila akhir-akhir ini mengalami masalah pada rambut, terutama masalah pada kerontokan rambut. Ketika masalah kerontokan rambut itu muncul, pertama kali memang tidaklah banyak rambut yang rontok. Mungkin beberapa helai saja di awalnya. Namun, ternyata setelah  beberapa hari kerontokan semakin banyak dan tiba-tiba kepala Anda semakin botak.

Sebaiknya, Anda tak boleh diam begitu saja sampai membiarkan rambut benar-benar botak. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan cara alami menggunakan minyak kemiri.

Apa itu Minyak Kemiri ?

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan bumbu masakan yang disebut dengan kemiri. Kemiri merupakan sejenis rempah-rempah yang sudah menjadi andalan sebagai perisa masakan sehari-hari. Pohon kemiri biasanya tumuh hingga 10 meter. Kalau di Indonesia, kemiri kebanyakan tumbuh di daerah sekitar Sulawesi, Maluku, Halmahera dan sekitarnya.

Kemiri umumnya digunakan sebagai bahan penyedap atau bumbu masakan untuk memberikan rasa lebih nikmat dan khas. Lalu apa itu minyak kemiri ? Ya tentu saja minyak kemiri merupakan minyak yang dihasilkan dari kemiri itu sendiri. Nah bagaimana cara mendapatkan minyak dari kemiri ? dan benarkah bisa mengatasi masalah kerontokan rambut ? Untuk lebih jelasnya silahkan baca dulu sampai selesai.

Kandungan Minyak Kemiri

Beberapa kandungan yang terdapat dalam minyak kemiri memang cocok sekali untuk perawatan rambut. Kandungan tersebut di golongkan menjadi tiga, yaitu zat gizi, zat non gizi serta mineral. Zat gizi yang terkandung didalam kemiri yaitu karbohidrat, protein, serta lemak. Sedangkan untuk zat non gizi yang terkandung didalam kemiri yaitu polifenol, asam linoleat, flavonoid serta kandungan jenis asam lainnya.  Kemudian untuk mineral yang terkandung didalam kemiri yakni, magnesium, fosfor, kalium, dan kalsium. Selain itu juga masih ada kandungan lain yaitu vitamin serta zat besi.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

Beberapa manfaat dari minyak kemiri yang dipercaya untuk mengatasi masalah rambut rontok antara lain :

# Mencegah serta Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Didalam kemiri terdapat kandungan protein dan zat besi. Kedua kandungan ini bisa membantu memperkuat rambut hingga mengurangi resiko kerontokan rambut.

# Menghitamkan Rambut

Selain dapat mengatasi masalah kerontokan, minyak kemiri juga bisa membuat rambut tampak lebih hitam alami. Warna rambut pun terkesan alami dan berbeda bila dibandingkan menggunakan produk kimia penghitam rambut.

# Menebalkan Rambut

Rambut yang tebal dan berkilau adalah keinginan sebagian orang yang mencintai rambutnya. Dan bila Anda salah satu dari orang yang menyukai rambut yang tebal, Anda bisa memilih minyak kemiri.

# Menumbuhkan Rambut

Apabila Anda sering mengoleskan minyak kemiri, maka rambut Anda akan lebih cepat tumbuh kembali. 

Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Kemiri

Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Mengatasi Rambut Rontok

Setelah Anda membaca dan mengetahui kendungan serta beberapa peran minyak kemiri. Sekarang saatnya Anda membuat minyak kemiri sendiri. Sebenarnya masih banyak produk minyak kemiri yang dijual di pasaran Tetapi daripada Anda keluar uang, lebih baik buat saja sendiri. Berikut ini panduan singkat membuat minyak kemiri :

Bahan – Bahan :

250 gram Kemiri
Air secukupnya

Cara Membuat :

Tumbuk atau Blender kemiri sambil ditambah air secukupnya sampai lebih halus (kalau bisa jangan terlalu halus supaya bisa disaring)

Setelah itu peras hasil tumbukan tersebut, seperti memeras santan dan dapatkan cairan tersebut

Siapkan panci untuk mendidihkan cairan tadi, ketika didihkan silahka  diaduk aduk sampai menjadi minyak, sampai airnya menguap dan tersisa putih-putihnya (jika belum jadi minyak sabar saja karena membutuhkan waktu cukup lama)

Pastikan minyak berwarna coklat atau hampir berwarna hitam, itu menandakan bahwa minyak sudah matang

Setelah itu silahkan didinginkan dan disimpan di botol yang bersih hingga siap untuk digunakan

Cara Pemakaian :

Oleskan minyak kemiri di rambut Anda sambil dipijat-pijat lalu diamkan selama sekitar 15 menit. Selanjutnya bersihkan rambut sampai bersih. Lakukan secara teratur selama dua atau tiga hari sekali.



Mungkin sudah cukup jelas mengenai cara alami mengatasi rambut rontok menggunakan minyak kemiri. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda mengatasi permasalahan rambut rontok.

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !