Mengatasi Rambut Rontok dengan Madu


Mengatasi Rambut Rontok secara alami menggunakan madu adalah cara yang sudah dipakai sejak dulu. Sebetulnya tak hanya untuk mengatasi kerontokan yang beresiko kebotakan saja, tetapi juga dapat membantu menyuburkan rambut dan sebagainya. Mengenai khasiat dari madu, tak hanya mahkota wanita itu saja yang mendapatkan perbaikan, tetapi juga bagian tubuh lainnya.

Seperti yang kita tahu, bahwa madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh serangga yaitu lebah. Tapi lebah pun memiliki berbagai jenis, dan yang bisa menghasilkan madu adalah lebah madu. Lebah madu itulah yang bisa menyebabkan banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Jangankan untuk obat, dicampur minuman saja, madu rasanya manis dan nikmat. Anda mungkin tahu bahwa obat kebanyakan rasanya tidak enak, misalnya pahit, asam dan sebagainya. Tetapi, madu rasanya manis sekali dan bisa kita campur dengan berbagai jenis minuman, pudding, kue, dan sejenis masakan lainnya.

Sekarang, kita dapat menggunakan cairan alami ini untuk mengatasi permasalahan kerontokan. Untuk penjelasan yang lebih detail tentang kandungan madu, bagaimana cara mengatasi masalah kerontokan menggunakan madu, serta memanfaatkan madu untuk perawatan lainnya, silahkan baca selengkapnya :

Kandungan dalam Madu

Tahukah Anda bahwa didalam madu itu terdapat 15 jenis gula, jadi rasa manis madu pun berlipat-lipat jika dibandungkan dengan gula buatan. Jenis gula itu diantara lain yakni, gula buah (fruktosa), gula anggur (glukosa), gula tebu (sukrosa), gula gandung (maltosa), dan beberapa jenis gula lainnya. Selain itu terdapat beberapa jenis vitamin, yakni : Vit A, Vit B1, Vit B2, Vit B3, Vit B5, Vit B6, Vit D, Vit E, Vit K, Asam nikotinat dan Uric Acid.

Madu juga mengandung beberapa jenis mineral dan garam. Diantaranya, sulfur, besi, magnesium, kalium, kalsium, klorin, sodium, krom, tembaga, nikel, mangan, silica, lead, lithium, alumunium, aurum, thin, titanium dan zink. Kemudian beberapa jenis enzim ddalam madu antara lain, enzim katalase, enzim emilas, enzim fosfolirase, serta berbagai jenis enzim lain.

Lalu untuk beberapa macam asam didalam madu yaitu, lactic acid, formic acid, tartaric acid, atric acid, oxalid acid, asam fosfat serta asam glukomoat. Juga terdapat antibiotic yang bisa membunuh mikroba, dan mikroba inilah merupakan salah satu pemicu kerontokan. Itulah berbagai kandungan dalam madu yang sangat banyak sekali dan bermanfaat bagi kesehatan.
Mengatasi Rambut Rontok dengan Madu

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Nah sekarang bagaimana cara menggunakan madu untuk perawatan ? Caranya mudah silahkan siapkan madu satu sendok makan yang dicampur dengan satu sendok teh kayu manis, serta sedikit minyak zaitun. Kemudian dioleskan ke rambut sambil dipijat-pijat sampai mengenai seluruh permukaan rambut. Setelah itu didiamkan selama 15 menit, kemudian baru dibilas menggunakan air bersih. Sebaiknya, setelah melakukan hal tersebut segera untuk keramas menggunakan shampoo untuk hasil yang lebih maksimal.

Oh ya madu yang digunakan adalah madu asli dan bukan madu yang sudah dicampur dengan zat lainnya. Bukan madu yang berperisa jeruk atau sebagainya, tetapi madu asli. Kemudian, tadi sudah dijelaskan bahwa cara penggunaannya dicampur minyak zaitun serta bubuk kayu manis. Itu pun optional, artinya cukup menggunakan madu saja juga tidak apa-apa.

Madu untuk Perawatan Rambut

Sebagai tambahan, selain untuk mengatasi masalah kerontokan. Anda juga bisa memanfaatkan madu untuk perawatan sebagai berikut :

# Membersihkan Rambut

Campurkan satu sendok teh madu asli beserta empat gelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk membilas ketika sesudah keramas. Usahakan untuk tidak membilas lagi memakai air biasa. Biarkan saja dibilas memakai campuran madu tersebut sampai rambut kering.

# Membuat Berkilau

Seperti cara diatas, dimana kita akan membuat campuran untuk membilas setelah keramas. Yaitu memanfaatkan satu sendok makan madu yang dicampur air perasan jeruk nipis satu buah. Kemudian tambahkan air secukupnya dan gunakan untuk membilas rambut setelah keramas.

# Menyuburkan

Siapkan minyak zaitun dan madu yang dicampur dengan jumlah yang sama. Setelah itu dioleskan di bagian rambut hingga kulit kepala sampai merata. Selanjutnya tutup kepala menggunakan handuk hangat selama 30 menit. Setelah itu baru cuci rambut dan dilanjutkan dengan keramas.

# Kondisioner (Melembabkan Rambut)

Campurlah setengah gelas madu dengan seperempat gelas minyak zaitun (atau 2 sendok makan untuk jenis rambut yang normal). Kemudian olesi rambut memakai campuran tersebut hingga merata. Tutup kepala memakai kain dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu buka tutup kepala dan dilanjutkan dengan keramas.




Demikianlah informasi mengenai tips mengatasi rambut rontok memanfaatkan madu lebah. Semoga bisa membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan masalah kerontokan yang beresiko kebotakan.

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !