Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

Perawatan rambut rontok harusnya selalu dijalani dengan teratur untuk menjaga keindahannya. Rambut dapat dikatakan indah apabila kondisinya sehat serta bersih. Dan bisa terlihat indah ketika kondisinya baik, tapi bukan berarti warnanya yang mencolok melainkan tidak terkena penyakit, selain itu disebut indah serta sehat jika tak mengalami kering tapi juga tidak lembab, tak pecah-pecah, begitu pula tidak adanya ketombe. 

Beberapa hal pada umumnya yang tak disadari saat mengerjakan aktivitas dalam keseharian itupun termasuk ke dalam persoalan yang dapat pula mengakibatkan rusaknya pada mahkota wanita tersebut, seumpamanya yaitu sering terpaparnya rambut di bawah terik cahaya matahari secara langsung serta kesalahan dalam meilih product perawatan. Hal tersebut bisa juga menjadi pemicu adanya kerontokkan.

Bagaimana Cara Merawatnya ?

Menjadikan rambut tampak sehat tak dapat dilakukan dengan instan serta tak cukup dengan bermodalkan perawatan mahal. Kunci utama di dalam melakukan perawatan yaitu dilakukannya perawatan yang disertai pula pengonsumsian nutrisi ( mengonsumsumsi makanan bernutrisi ) dan baik bagi tubuh. Rahasia untuk memperoleh rambut sehat bisa juga dengan meminimalisir rusaknya, karena hal-hal yang kerapkali terabaikan.

Persoalan kerontokan telah menjadi persoalan bagi seluruh orang. Beberapa pakar kecantikan menyebutkan bahwa kerontokan pada umumnya disebabkan dari polusi, radikal bebas, sinar ultraviolet, dan radiasi lampu cahaya pada studio tv. Sebenarnya kerontokan itu adalah sesuatu yang normal, tapi normal bila yang rontok kurang lebih 50-100 helai.

Bagaimana Panduan Perawatan Rambut Rontok ?

Perawatan Rambut Rontok secara Alami


Langkah paling tepat untuk melakukan perawatan yaitu dengan mengurangi mengkonsumsi makanan pedas. Lantaran makanan pedas bisa berdampak pada kesehatan dan juga kencantikan rambut. Pengaruh dari mengkomsumsi makanan pedas bisa menjadikan mahkota Anda menjadi cepat rusak dikarenakan saat kepedasan, kulit di kepala akan banyak mengeluarkan keringat begitu juga dapat menjadikan rambut menjadi lembab. Oleh sebab itu kurangilah komsumsi makanan pedas, dan perbanyaklah menkonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran.

Perawatan lain untuk mengurangi kerontokan adalah menggunakan air. Langkah-langkahnya adalah masukkan air dalam satu tempat (wadah), kemudian didinginkan selama semalaman. Selanjutnya siramkanlah air yang telah didinginkan tadi ke kepala sampai mengenai kulit, ratakan, dan juga gosok-gosoklah dengan lembut. Biarkan sekitar selama 1/2 jam, Tahap akhir basuhlah dengan shampoo, lalu dibilas dengan lembut.

Kemiri juga mempunyai manfaat untuk menangani masalah ini. Langkah-langkahnya yaitu ambilah 10 butir kemiri, kemudian disangrai, lalu ditumbuk-tumbuk sampai halus. Setelah itu letakkan bubuk kemiri pada kain katun, peraslah sampai mengeluarkan minyak. Gosokkan kain yang telah diisi bubuk kemiri tersebut pada kulit kepala secara lembut dan juga merata lalu didiamkan selama kurang lebih satu jam. Sesudah itu, keramaslah hingga bersih. Lakukan perawatan ini kurang lebih satu minggu tiga kali demi mengantisipasi terjadinya kerontokan lagi.

Beberapa tips mudah lainnya yang dapat Anda lakukan guna mengatasi masalah kerontokan, adalah ketika selesai keramas, biarkan rambut mengering dengan sendirinya tidak harus dikeringkan menggunakan hair dryer, karena bisa mengakibatkan kerusakan, begitu juga bisa menjadikannya mengering, kata mengering disini mengartikan bahwa rambut menjadi kusam. Selain itu, Jangan menyisirnya saat masih basah. Apabila Anda memiliki masalah kerontokan, hindarilah menyisir pada waktu masih dalam kondisi basah.

Masalah Kerontokan 

Kerontokkan benar-benar menjengkelkan, terlebih lagi untuk golongan remaja wanita sampai wanita dewasa, memang persoalan ini tak hanya dihadapi oleh kaum wanita saja, beberapa pria juga ada yang mengalami masalah kerontokan bahkan sampai mengalami kebotakan ringan hingga kebotakan permanen. Tetapi persoalan itu lebih banyak dihadapi oleh kaum wanita dibandingkan kaum pria, kurang lebih berkisar 36 persen wanita mengalami kerontokan, sedangkan berkisar 16 persen pria mengalami masalah tersebut. Sebenarnya pemicu rontoknya mahkota kita ini dikarenakan oleh berbagai factor pemicu lainnya, antara lain : pemakaian pewarna berbahan kimia, melakukan perawatan di salon dengan bahan kimia secara terus-menerus, gaya rambut yang kerapkali bergonta-ganti, factor psikologis, ketombe, factor genetik, dsb.




Itulah beberapa tips perawatan rambut rontok secara alami, semoga bermanfaat !

Silahkan berkomentar atau bertanya di kolom bawah ini !